25 August 2010

Sejarah OFI

Posted by admin Wednesday, August 25, 2010, under | No comments

Ide penyelenggaraan OFI berawal dari keberhasilan dan dampak positif dari penyelenggaraan Olimpiade Matematika Internasional (OMI) yang telah diselenggarakan sejak tahun 1959. Saat itu Prof. Czelaw Scislowski, Prof.Rostislav Kostial (Cekoslowakia), dan Prof. Rudolf Kunfalvi (Hongaria) mengadakan rapat untuk mengadakan OFI pertama, dan mereka sepakat untukmengadakan olimpiade ini di Warsawa pada tahun 1967.
OFI pertama ini diikuti oleh 5 negara: Bulgaria, Cekoslowakia, Hungaria, Rumania dan tuan rumah Polandia. Tiap negara mengirimkan 3 wakilnya dan 1 pimpinan tim. Pada olimpiade fisika ini para peserta diminta untuk mengerjakan 4 soal fisika teori dan 1 soal fisika eksperimen. OFI ke -2 diadakan di Budapest (Hongaria) pada tahun 1968, diikuti oleh 8 negara yaitu 5 negara dari OFI ke -1 ditambah 3 negara yaitu Republik Demokrasi Jerman (Jerman Timur), Uni Sovyet dan Yugoslavia. Pada OFI ke -2 ini untuk pertamakali aturan dasar OFI di terbitkan yang sampai sekarang ini masih dipakai (tentunya dengan perubahan-perubahan sedikit).
OFI ke -3 diadakan di Brno, Cekoslowakia pada tahun 1969. Pada OFI ini tiap negara boleh mengirim 5 siswa dan 2 orang pimpinan tim. Sampai sekarang jumlah 5 siswa dan 2 pimpinan tim untuk tiap negara ini tetap dipertahankan. OFI IV diadakan di Moskow, Uni Sovyet pada tahun 1970, OFI V di Sofia, Rumania pada tahun 1971 dan OFI VI di Bukares, Rumania pada tahun 1972. Pada OFI VI inilah untuk pertamakalinya negara non-eropa: Kuba dan negara Eropa Barat: Perancis, ikut serta.
Tahun 1973 tidak diadakan olimpiade fisika. OFI VII diadakan baru pada tahun 1974. Dalam OFI VII ini terjadi perubahan-perubahan mendasar yaitu jumlah soal teori dikurangi dari 4 soal menjadi 3 soal; jumlah bahasa yang digunakan menjadi 2 bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Rusia; antara soal test teori dan eksperimen diberi selang waktu 1 hari.
Pada OFI ke XV terpilih Prof. Waldemar Gorzkowski sebagai Presiden OFI yang dijabatnya hingga sekarang. Pada olimpiade ini juga dibentuk International Board yang terdiri dari para pimpinan tim tiap negara. Tugas International Board ini adalah untuk memecahkan masalah-masalah yang timbul pada penyelenggaraan OFI.
Jika diamati, minat untuk mengikut OFI setiap tahun meningkat. Jumlah Negara yang berpartisipasi terus meningkat dari 5 negara di OFI pertama terus bertambah hingga menjadi 66 negara dalam OFI ke 33 yang diadakan di Bali tahun 2002 yang baru lalu. Ke 66 negara yang berpartisipasi dalam OFI ke 33 adalah: Albania, Armenia, Australia, Austria, Azerbaijan, Belarus, Belgium, Bolivia, Bosnia & Herzegovina, Brazil, Bulgaria, Canada, China, Colombia, Croatia, Cuba, Cyprus, The Czechlands, Denmark, Estonia, Finland, Georgia, Germany, Great Britain, Hungary, Iceland, India, Indonesia, Iran, Ireland, Italy, Kazakhstan, Kuwait, Kyrgyzstan, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Macedonia, Malaysia, Mexico, Moldova, Mongolia, The Netherlands, Norway, Pakistan, Philippines, Poland, Portugal, Romania, Russia, Saudi Arabia, Singapore, Slovakia, Slovenia, South Korea, Spain, Suriname, Sweden, Switzerland, Taiwan, Thailand, Turkey, Turkmenistan, Ukraine, Vietnam, Yugoslavia.

0 komentar:

Post a Comment

Tags

Popular Posts