25 August 2010

OFI? APA ITU?

Posted by admin Wednesday, August 25, 2010, under | No comments

OFI (Olimpiade Fisika Internasional) merupakan kompetisi internasional dalam bidang fisika untuk pelajar SMU. Beberapa tujuan penyelenggaraan OFI antara lain: untuk membandingkan kemampuan para siswa terbaik dari berbagai Negara dalam bidang fisika; untuk mengadakan kerjasama dan saling berbagi pengalaman mengembangkan fisika diantara sesama pimpinan tim dan untuk memberi kesempatan para pelajar terbaik dari seluruh dunia berinteraksi satu sama lainserta membangun kerjasama yang mungkin berguna di kemudian hari.


OFI pertama kali diadakan di Warsawa pada tahun 1967 dan sejak tahun itu OFI diadakan secara rutin setiap tahun di berbagai negara, kecuali tahun 1973, 1978 dan 1980. Dalam OFI para peserta diberikan 2 jenis soal: soal fisika teori dan soal fisika eksperimen yang harus dikerjakan masing-masing dalam waktu 5 jam.
Indonesia berpartisipasi di Olimpiade Fisika Internasional sejak tahun 1993 atas prakarsa 2 orang mahasiswa College of William and Mary: Yohanes Surya dan Agus Ananda. Sejak tahun itu Indonesia secara rutin mengikuti Olimpiade Fisika Internasional bahkan Indonesia diminta untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Fisika Asia (OFA) pertama pada tahun 2000.

0 komentar:

Post a Comment

Tags

Popular Posts